Post Page Advertisement [Top]

Bicara tentang mie ayam gak akan lengkap jika tidak membicarakan benda yang wajib ada bersama mie ayam. Tidak lain dan tidak bukan apalagi kalau bukan Mangkok ayam jago merah. Ya, mangkok putih dengan ciri khas ayam jagonya yang sudah melegenda bahkan saya bisa bilang kalau makan mie ayam bukan di mangkok ayam jago merah itu namanya bukan makan mie ayam.

Kepopuleran mangkok yang satu ini sudah berlangsung sejak cukup lama, bisa jadi sudah ada sejak kakek dan nenek kita masih muda. Mangkuk ayam semakin dikenal dimasyarakat tidak lain dan tidak bukan, ya, berkat salah satu brand penyedap rasa Indonesia menjadikan mangkuk ini sebagai hadiah bila membeli penyedap rasa dalam jumlah banyak. Mangkuk ayam merah sebenarnya bukanlah produk asli dari Indonesia loh. Yap Bila dilihat dan  perhatikan secara seksama terdapat  tulisan yang tertera dibawah mangkuk berwarna hitam bertuliskan 'Made in China'.

Warna mangkuk yang sederhana begitu mudah diingat, latar mangkuk yang didominasi warna putih dan sedikit gambar bunga beserta daunnya dan tak ketinggalan ayam merah dengan jengger warna hitam itu persis dengan ayam khas asal Cina. Warna yang simple dan mudah diingat oleh masyarakat lah yang membuat mangkok ini menjadi sangat dikenal dan menjadi ciri khas saat sedang makan mie ayam.

Mangkuk ayam jago merah  memiliki diameter atas 16,5 cm, diameter bawah 9 cm, dan tinggi 6 cm tersebut juga telah lama digunakan oleh bangsa Cina kuno, tepatnya di masa Dinasti Ming.
Namun banyak juga para peneliti yang berpendapat bahwa mangkuk ini berasal dari Negeri Gajah Putih, Thailand. Dikatakan bahwa ayam merah itu disebut ayam hutan Gallus gallus yang telah lama diternak dan dibudidaya sejak 8000 SM.

Dan pada 5300 - 4300 SM, telah ditemukan artefak atau fosil ayam Gallus gallus di Cina. Selanjutnya menyebar ke India tepatnya di lembah Indus pada 2500 - 3000 SM. Dan yang paling terbaru ditemukan di Yunani pada tahun 409.

Dari mana pun si mangkuk ayam merah itu berasal, yang terpenting mangkuk tersebut banyak berjasa bagi pedagang-pedagang Mie ayam, Bakso, maupun Soto di Indonesia. Selain itu Ayam juga menjadi hewan yang paling laris diolah menjadi masakan.| nantoi80


*Diposting juga di blog pribadi Penulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib