Post Page Advertisement [Top]

Sumber : nationalgeographic


Teknologi terbaru ini membuat fungsi dari toilet bukan hanya sekedar tempat buang air. Toilet kini memungkinkan untuk mendeteksi beragam gejala jenis penyakit seperti kanker dan diabetes.

Para ahli di European Space Agency (ESA) dan Massachusetts Institute of Technology bekerja sama merangcang toilet yang diberi nama FitLoo sebagai pelacak urine, yang nantinya akan mendeteksi penyakit yang terkandung dalam urine tersebut.

Menggunakan teknologi yang tinggi, toilet FitLoo dapat menyaring urine untuk mengetahui keberadaan protein dan glukosa ekstra yang merupakan tanda dari adanya masalah dalam tubuh.

Toilet tersebut juga bisa mendeteksi kadar gula darah sebagai indikator penyakit diabetes dan juga kanker.   

Pengguna akan langsung menerima pemberitahuan melalui telepon pintar yang terhubung ketika toilet tersebut mendeteksi masalah pada tubuh. Toilet ini juga dapat langsung menghubungi dokter pribadi yang sebelumnya telah ditautkan, sehingga dapat mengawasi pasiennya.

Seperti yang dikutip dari Metro, salah satu pimpinan di Toilet Board Coallition bernama Michael Lindenmayer mengatakan bahwa sekarang ini orang hanya pergi ke dokter ketika mengalami rasa sakit. Orang sering kali tidak mendengarkan tubuhnya, tetapi toilet mengetahuinya setiap kali menggunakannya.

“Ada banyak informasi kesehatan yang terkandung di dalam urine dan feses. Informasi ini dapat digunakan sebagai info awal terhadap kondisi tubuh sebelum pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.” jelasnya.

Toilet FitLoo telah digunakan oleh astronaut sebagai pemantau kesehatan ketika berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).  



Referensi : cnnindonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib