Bawasmilwa Dibentuk di Pertengahan Penyelenggaraan Pemilwa

Bawasmilwa Dibentuk di Pertengahan Penyelenggaraan Pemilwa
Bawasmilwa Dibentuk di Pertengahan Penyelenggaraan Pemilwa
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email

LPMJournal.id – Badan Pengawas Pemilwa (Bawasmilwa) dibentuk setelah beberapa tahapan penyelenggaraan Pemilwa sudah dilaksanakan. Tahapan Pemilwa yang telah terlaksana tanpa adanya Bawasmilwa adalah penyusunan daftar pemilih, tahap pemberkasan dan wawancara bakal Pasangan Calon (Paslon).

Dalam Undang-undang Senat Mahasiswa (Sema) No. 2 tahun 2017 Bab V Pasal 22 tentang Pengawasan Pemilihan Umum Mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta menjelaskan bahwa Bawasmilwa dibentuk oleh Sema.

Ketika dihubungi, Alif ketua Sema mengungkapkan bahwa sebenarnya pembentukan Bawasmilwa sudah direncanakan jauh-jauh hari. Namun terdapat beberapa kendala, terutama perihal UU Pemilwa yang akhirnya proses pembentukannya dimundurkan.

Senada dengan Alif, salah satu anggota Sema, Rosyid mengatakan bahwa dalam UU Pemilwa tidak menjelaskan secara tepat perihal waktu untuk pembentukan Pengawas Pemilwa. “Kapan panitia (pengawas) dibentuk itu tidak tertera. Nah, karena itu, apakah ini inisiatif dari Senat ataupun atas desakan dari anggota Lembaga Mahasiswa (LM), itu yang jadi pertanyaan.” Ungkapnya.

“Karena sepertinya saya perlu segera membentuk ini, tanpa perlu diskusi panjang. Saya sampaikan ke ketua Senat, kemudian saya suruh supaya surat untuk edarannya segera dibuat, kemudian kami bisa membentuk, kemudian segera dikeluarkan SK-nya.” kata ketua Komisi III Advokasi Sema tersebut.

Tahapan yang Terlewat?

Untuk beberapa tahapan yang terlewat, ia menginisiasi bahwa idealnya saat ini masih bisa dikejar. “Yang kita temui sekarang, moment-nya nggak lewat. Misalnya, kita (Bawasmilwa) setelah ini langsung minta berkas-berkas dan sebagainya. Kemudian kita temui yang tidak memenuhi syarat.” lanjutnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa panitia Pemilwa juga belum mempertanyakan terkait kesiapan Sema untuk membentuk Bawasmilwa. “Bahkan saya sendiri yang memanggil panitia Pemilwa sebelum Bawasmilwa terbentuk untuk mempertanyakan Badan Pengawas itu bagaimana. Tapi dari mereka hanya mengatakan bahwa jika nanti ada laporan dari Badan Pengawas ya ditindak.”

Saat ini Bawasmilwa sudah terbentuk melalui pertemuan pagi tadi (14/11/2019) di sekretariat Sema. Bawasmilwa terdiri dari enam hingga delapan anggota dari perwakilan Sema, BEM, UKM, HMJ dan mahasiswa umum untuk bertanggungjawab atas pelaksanaan pengawasan Pemilwa dan bertanggungjawab kepada mahasiswa melalui Sema.

Reporter : Adi

Editor : Bayu

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email