Login With Google

Eksekutif Produser : Mia Johannes

Produser : Alexander Triyono, David Karto

Distribusi : 7evenotes dan demajors

Ada sedikit cerita bagaimana saya mendapat CD ini. Sebenarnya saat itu saya membeli album “Kelelawar Malam” dan si penjual memberikan CD ini secara gratis sebagai bonus. Namun ketika saya lihat daftar artis di dalamnya, Wow! Harusnya ini bukan jadi CD bonus, tapi entah kenapa lebih terasa eksklusifnya CD ini dengan cara distribusi semacam itu.

Dan memang benar, album kompilasi “Halo Aci” memang didistribusikan secara gratis di beberapa tempat yang ditunjuk. Album ini bermula dari gerakan “Aku Cinta Indonesia”, sebuah gerakan perwujudan nasionalisme dengan cara menumbuhkan kembali semangat menggunakan produk dalam negeri.

Kemasan yang menarik untuk sebuah album gratis. Desain cover dengan tipografi dan warna yang terkesan santai dan bersahabat. Awalnya malah saya mengira ini adalah album promo dari sebuah band bergenre elektronik/techno yang biasa memakai desain dan tipografi sejenis di cover albumnya. Di dalam kemasan CD terdapat sebuah booklet yang berisi lirik lagu di album ini dan sebuah desain papercraft (boneka kertas) orang-orangan.

Didistribusikan oleh “demajors” label rekaman indie ternama yang sukses melabeli album-album milik musisi seperti endahNrhesa dan The Upstairs. Artis yang berkontribusi dalam album kompilasi ini pun tidak main-main. Sebut saja Monita Tahalea penyanyi yang pernah mengikuti kontes “Indonesian Idol”, endahNrhesa duo pop folk yang fenomenal, RAN, Adhitia Sofyan solois pop yang penuh kejutan, JRX drummer band Superman Is Dead, Sari (WSATCC), Mian Tiara, dll. Dengan formasi semumpuni itu mungkin kita akan sedikit bertanya-tanya “ini beneran CD gratis?”.

Sudah terbaca dari line up musisinya, lagu yang terdapat di album ini pun dirasa sudah cukup mewakili kapasitas dari nama besar mereka. Senjata utamanya tetap aransemen pop supaya mudah diterima masyarakat, namun betapa jitunya para musisi mengolah komposisi lagu itu menjadi sesuatu yang layak dengar dengan lirik yang sederahana, namun terkesan tidak pasaran. Memasukkan beberapa unsur seperti jazzfolk dan instrumen etnik seperti angklung, gamelan dan sisipan bait lagu daerah dalam aransemen lagu adalah salah satu trik, dan mereka sukses bermain di sini!

Jadi secara keseluruhan album ini punya: latar belakang pembuatan yang mulia, pengemasan visual yang keren, formasi musisi yang mumpuni dan komposisi serta aransemen lagu yang mampu ‘menyerang’ telinga khalayak umum dengan pas. Ditambah lagi ini adalah album gratis!

Kesimpulannya? WOW!

Tracklist:

1. Kemana Hatimu (Tanah Air) | Karissa Habibie

2. Nostalgia Cinta | Anda Perdana

3. Manusia Tegar | Lunatic

4. Indonesia Pusaka v.2.0 | Endah N Rhesa, JRX (SID), Monita Tahalea, RAN, Aprilia Apsari (WSATCC)

5. Sebuah Indah Harmoni | Natasha Rizky

6. Di Sini Senang, di Sana Senang | Adhitia Sofyan

7. Potret Wajah Bangsaku | Freddy Harahap

8. Kucinta Indonesia | Ramondo Gascaro (Sore), Mian Meuthia, Mian Tiara

(iok)

[Arsip daring lpmjournal]
No more articles