Login With Google

“Selamatkan bumi. Selamatkan diri sendiri.”– Robi (Navicula)

“Eceng Gondok adalah penyerap polutan paling baik.”-Sudjiwo Tedjo

(20/10) Sudjiwo Tedjo dan Navicula menjadi tamu dalam rangkaian Solarizing Borobudur di hari ke delapan, Sabtu. Acara inidiselenggarakan di Taman Lumbini, Kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah oleh gerakan Greenpeace “Berbagi Energi Untuk Anak Negeri” (Berani), dalam rangka mengenalkan listrik energi terbarukan dan memerangi perubahan iklim. Di tengah taman Lumbini, Climate Resque Station (CRS), panggung besar berbentuk bola dunia didirikan sebagai media demonstrasi penggunaan listrik tenaga matahari.

Sekitar pukul 20.00, Robi dan Dadang (Navicula), serta Sudjiwo Tedjo naik ke atas panggung untuk berdiskusi singkat mengenai pentingnya energi terbarukan dan memerangi perubahan iklim. Navicula, kelompok musik beraliran grungeasal Bali—baru saja melakukan tour tiga provinsi di Kalimantan dalam rangka kampanye “Kepak Sayap Enggang”—menyatakan pentingnya menggunakan energi terbarukan sebagai jalan untuk menyelamatkan bumi dari kehancuran dini. Robi dan Dadang juga menekankan kesadaran manusia akan polusi dan efeknya bagi generasi selanjutnya.

Seusai diskusi, Sudjiwo Tedjo tampil sendiri untuk membawakan tembang-tembang miliknya. Pada lagu Anyam-anyaman, dia mengajak salah satu penonton untuk mengiringinya bernyanyi. Sudjiwo Tedjo yang meminjam gitar milik Robi Navicula, bermain singkat. Sekitar setengah jam, giliran Navicula yang menghibur penonton. Navicula yang dikenal dengan lirik kritis tentang lingkungan—juga sebagai aktifis, membakar semangat penonton lewat judul-judul seperti “Menghitung Mundur”, “Over Konsumsi”, “Orang Utan”, “Aku Bukan Mesin”, “Kali Mati” sampai “Metropolutan”.

Pada pembukaan acara ini—13 Oktober lalu, Payung Teduh diundang untuk menghibur kawan-kawan yang datang. Acara Solarizing Borobudur masih akan berlangsung sampai tanggal 28 Oktober 2012. Jogja Hiphop Foundation dan Poppy Sovia akan menjadi tamu pada penutupan acara pada Minggu, 28 Oktober nanti. Lutfi | Untung | Ilham

Jadwal acara Solarizing Borobudur dapat dilihat di http://berani.greenpeace.or.id/news/jadwal-acara-menyinari-borobudur-13-28-oktober-2012/

[Arsip daring lpmjournal]

No more articles