Tulisan pengirim oleh: Arsi Imam Baihaqi (Koordinator Aspirasi DLM 2019)
 
Assalamualaikum Wr.Wb,
Shalom,
Salam Sejahtera bagi kita semua,
Om Swastyastu. Namo Buddhaya.
Salam kebajikan.
Doa semoga sehat selalu dan dilancarkan segala urusannya mengiringi salam hormat saya kepada Presiden Mahasiswa, Ketua Umum Senat Mahasiswa dan segenap Pimpinan Lembaga Mahasiswa di tempat.
 
Melalui surat ini, ingin saya sampaikan satu dua hal yang saya rasa penting dan perlu untuk teman-teman tau mengenai Dialog Lembaga Mahasiswa 2019 pada Sabtu, 23 Maret 2019.
 
Pertama, saya selaku Koordinator Aspirasi sangat menyayangkan dengan adanya selebaran ber-Kop Badan Eksekutif Mahasiswa seperti di bawah :
Di dalam surat pernyataan tersebut, terdapat keterangan telah ditandatangani oleh perwakilan organisasi kemahasiswaan yang ada di Lebaga Mahasiswa Universitas  Amikom Yogyakarta. Penyebaran selebaran terebut di dalam ruangan saat hari H DLM tidak melaui koordinasi dengan Panitia terlebih dahulu. Hal ini tentu saja sangat mengganggu jalannya acara.
 
Saya selaku koordinator aspirasi, merasa sudah sangat terbuka dengan segala bentuk aspirasi yang akan disampaikan saat DLM. Jika memang ada yang kurang dari kuesioner yang saya buat bersama dengan tim aspirasi dan koordinasi dengan pihak lembaga (karena dalam acara DLM terdapat juga panitia dari lembaga), seharusnya yang teman-teman lakukan adalah mengkoordinasikannya dengan pihak panitia. Akan tetapi, saya tidak tau ada masalah apa, langkah yang kalian ambil adalah bersepakat membuat pernyataan sikap dan menyampaikannya saat DLM tanpa sepengetahuan panitia.
 
Hal selanjutnya yang saya sayangkan adalah H-1 DLM, Presiden Mahasiswa, Mas Hadi secara pribadi menemui koordinator acara dan menyampaikan bahwa teman-teman pimpinan telah bersepakat untuk menyampaikan aspirasi mereka di awal tanpa mengikuti teknis acara. Koordinator Acara sudah memberi opsi untuk menyampaikan hal tersebut setelah pembahasan kuesioner,  atau jika ingin di awal, minimal meminta persetujuan forum. Akan tetapi, Bapak Presiden Mahasiswa yang terhormat menolaknya dengan dalih itu kesepakatan teman-teman pimpinan, akan disampaikan di awal baik diizinkan atau tidak. Hal ini menjadikan pembahasan saat DLM kemarin seolah hanya ditujukan untuk kepentingan aspirasi satu golongan. Banyak peserta yang kecewa akan hal ini.
Pernyataan ini dapat saya pertanggung-jawabkan.
 
Bagaimana mungkin kalian bersepakat melakukan hal setidak-profesional itu, padahal panitia DLM adalah panitia bersama yang berasal dari delagasi UKM, Himpunan, dan BSO di Amikom. 
 
Penyampaian Aspirasi di awal itu membuat acara sangat tidak kondusif dan pembahasan kuesioner tidak selesai. Mungkin, kalian tidak setuju dengan kuesioner dari Tim Aspirasi DLM, tapi saya ingin teman-teman mengetahui satu hal.
Karena waktu habis dan tidak kondusifnya acara, pembahasan kuesioner tidak selesai. Program magang  dengan suara  45.3% atau 583 Mahasiswa Sangat setuju dan 43.4% atau 559 mahasiswa Setuju sama sekali tidak tersentuh pembahasan. Bayangkan, ada 1,142 mahasiswa yang menghendaki proram magang, tapi tidak terbahas saat DLM. Tidakah Anda Presiden Mahasiswa, Ketua Umum Senat Mahasiswa dan Segenap Pimpinan LM terketuk hatinya dengan hal ini?
 

Sekali lagi, bagaimana mungkin teman-teman bisa bersepakat melakukan seperti itu?

No more articles